CENTER FOR DISABILITY AND HUMANITY

UNIVERSITY OF MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (CDH-UMY)

(Pusat Studi Disabilitas dan Kemanusiaan-Universitas Muhammdiyah Yogyakarta)

 

Deskripsi Lembaga

 

 

 

 

 

Deskriupsikan secara singkat profil lembaga (max 200 kata)

 

Pusat Studi Disabilitas dan Kemanusiaan-Universitas Muhammdiyah Yogyakarta adalah sebuah lembaga yang berfungsi sebagai pusat edukasi dan advokasi, pemberian pemberdayaan dan layanan bagi penyandang disabilitas, serta penelitian dan kajian serta publikasi tentang isu-isu disabilitas di Universitas Muhammdiyah Yogyakarta

Dasar Pemikiran

 

 

 

Gambarkan dasar pemikiran dalam bentuk narasi (max 250 kata)

Adanya berbagai kebijakan di tingkat internasional, regional, nasional dan daerah harapannya hak penyandang disabilitas dapat segera terwujud, namun sampai sekarang perjalanan untuk sampai ke sana sangat lamban. Hal ini karena belum semua komponen masyarakat memahami permasalahan penyandang disabilitas dan memahami berbagai kebijakan yang ada sehingga implementasi dari kebijakan-kebijakan tersebut di atas masih jauh dari yang diharapkan. Dan hal ini dapat terwujud dengan cepat apabila adanya kolaborasi antara multi sektoral, multi stakeholder, dan multi level dalam upaya pemenuhan hak penyandang disabilitas. Dan salah satu sektor yang dibutuhkan perannya adalah perguruan tinggi. Berbagai peran yang bisa dilakukan perguruan tinggi antara lain adalah:

edukasi dan advokasi, pemberian pemberdayaan dan layanan bagi penyandang disabilitas, serta penelitian dan kajian serta publikasi tentang isu-isu disabilitas di Indonesia

Tujuan

 

 

 

Uraikan tujuan lembaga dalam bentuk point (max 5 point)

  1. Memberikan perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas

  2. Melakukan kolaborasi dengan pemerintah dan pengambil kebijakan serta stakeholder lain dalam penanganan penyandang disabilitas

  3. Melakukan riset dan publikasi untuk pengembangan ilmu dan teknologi terkait isue disabilitas dan kemanusiaan

  4. Memberikan pendidikan kepada penyandang disabilitas, care giver, masyarakat dan semua pemangku kepentingan terkait isue disabilitas

  5. Melakukan pemberdayaan dan pemberian layanan bagi penyandang disabilitas

Sasaran

 

 

Uraikan siapa dan apa yang menjadi sasaran lembaga (max 5 point)

  1. Penyandang Disabilitas

  2. Pemerintah

  3. Pemberi Layanan Publik

  4. Perusahaan

Pemangku kepentingan lain

 

Visi

 

 

Uraikan visi lembaga (max 50 kata)

Menjadi pusat studi yang unggul dalam pemberdayaan dan layanan bagi penyandang disabilitas berdasarkan ilmu dan teknologi dengan berlandaskan Nilai-nilai Islam.

 

Misi

 

 

Uraikan misi lembaga (max 4 point)

  1. Melakukan advokasi dan edukasi untuk pemenuhan hak penyandang disabilitas

  2. Melakukan pemberdayaan dan layanan bagi penyandang disabilitas dalam pemenuhan haknya

  3. Mengembangkan riset dan publikasi terkait isue disabilitas daN kemanusiaan


 

PROGRAM UNGGULAN

 

Key Issues

 

Sebutkan beberapa topik utama/issu kunci yang akan dikembangkan lembaga

 

Issue Kunci yang akan dikembangkan lembaga:

  1. Advokasi dan edukasi untuk pemenuhan hak penyandang disabilitas

  2. Pemberdayaan dan layanan bagi penyandang disabilitas

  3. Riset dan publikasi terkait isue disabilitas dan kemanusiaan

Program

Uraikan program lembaga (mislanya di bidang kajian, penelitian, advokasi, dll)

 

Divisi Advokasi & Edukasi

1. Pengarusutamaan isue disabilitas di lingkungan Muhammadiyah-Aisyiyah

2. Pengarusutamaan isue disabilitas ke berbagai kalangan baik pemerintah, legistatif, swasta dan stakeholder lainnya (termasuk pada mahasiswa yang merupakan calon pemimpin).

3. Penguatan kapasitas pemerintah dan stakeholder lain di berbagai level untuk penyusunan program dan kegiatan yang memiliki perspektif disabilitas

4. Mendorong adanya kebijakan di tingkat daerah yang memiliki perspektif disabilitas (dengan memberikan pelatihan dan advokasi pada berbagai sektor terutama pemerintah di tingkat nasional dan daerah)

5. Mendorong dan adanya peran aktif terwujudnya pendidikan inklusif dengan mengembangkan metode dan sistem pembelajaran yang memiliki keberpihakan pada penyandang disabilitas.

6. Perlindungan hak-hak konstitusi penyandang disabilitas pada pemilu/pemilukada

Divisi Pemberdayaan & Layanan

  1. Pemberian pengetahuan kebutuhan penyandang disabilitas pada orangtua/care giver.

  2. Mengembangkan teknologi dalam berbagai sektor yang memudahkan penyandang disbilitas untuk dapat berpartisipasi dalam masyarakat: misal teknologi alat bantu gerak (protese, brace, kursi roda dll), teknologi untuk modifikasi peralatan kerja, teknologi komunikasi untuk tuna netra dan tuna rungu, arsitektur bangunan yang accessible, teknologi transportasi yang aksesibel, dan teknologi kedokteran.

  3. Pengembangan keilmuan pada semua bidang ilmu tentang isue disabilitas dan kemanusiaan

  4. Memberikan fasilitasi pelaksanaan kampus inklusi.

  5. Mendorong terwujudnya pendidikan inklusi di lingkungan sekolah Muhammadiyah.

  6. Meningkatkan peran perguruan tinggi melalui KKN dan pengabdian masyarakat dosen dan mahasiswa untuk melakukan pemberdayaan penyandang disabilitas.

  7. Mengembangkan layanan untuk disabilitas pada siaga bencana

  8. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam pemberdayaan dan pemberian layanan bagi penyandang disabilitas

Divisi Riset & Publikasi

  1. Pendampingan dan pengembangan riset tentang isue disabilitas dan kemanusiaan

  2. Publikasi Jurnal Disabilitas

  3. Pengembangan jejaring untuk pelaksanaan riset tentang disabilitas dan kemanusiaan

  4. Penyelenggaraan konferensi nasional dan internasional tentang riset disabilitas dan kemanusiaan

 

Bentuk Kegiatan

 

 

 

 

 

Uraikan jenis-jenis kegiatan yang akan dilakukan lembaga

Bentuk Kegiatan

  1. Sosialisasi

  2. Training

  3. Advokasi

  4. Pemberian Layanan

  5. Penelitian

  6. Konferensi

  7. Menjalin Jaringan

  8. Pemberdayaan

 

Luaran yang akan (pernah) dihasilkan

 

 

Uraikan luaran yang akan dihasilkan lembaga (misalnya produk, buku, design, artikel ilmiah)

Luaran Yang akan dihasilkan:

  1. Buku

  2. Publikasi Hasil Penelitian

  3. Usulan Kebijakan

  4. Panduan dan konsultasi aksesibilitas

  5. Panduan pendidikan inklusi

  6. Universitas Yang Inklusi

  7. Layanan pada Disabilitas (Penyediaan dan modifiksi Alat bantu mobilitas, alat bantu komunikasi, kendaraan modifikasi, dan ketersediaan informasi disabilitas)

 

Mitra

 

Sebutkan mitra potensial lembaga baik dari dalam maupun luar negeri

Pemerintah, Swasta dan Stakeholder lainnya

SUSUNAN KEPENGURUSAN

Dewan Pakar/Nara Sumber

 

  1. Rachmawati Husain., P.hD

  2. Dr. Martinus

  3. Dr. Arlina Dewi

  4. Dr. Drg. Indah Titien., Sp.,KGA

  5. Hilman Najib.,P.hD

Ketua

:

Dr. Arni Surwanti.,M.Si

Sekretaris

:

Shanti Wardaningsih.,P.hD., M.Kep

Divisi Advokasi & Edukasi

:

drg.Laelia Dwi Anggraini, Sp.KGA

Dr. Nurwanto

dr.Warih Andan Puspitosari.Sp.Kj.

Ahdiana Yuni Lestari., SH., M.Hum

Ir. Bagus Soebandono

Divisi Pemberdayaan & Layanan

:

Drs. Ahmad Ma’ruf.,M.Si

Dra. Atik Septi Winarsih.,M.Si

Fitri Arofiati., MAN

Divisi Riset & Publikasi

:

Falasifah Ani Yuniarti., MAN

Dr. Titih Huriyah., M.Kep

Dr. dr.Titik Hidayati., M.Kes