Sabtu, 26 Januari 2019.

Konsinyering Pengelolaan Mutu Penelitian dan Pengabdian untuk peningkatan Kinerja Pemeringkatan Perguruan Tinggi.

 

Kinerja Perguruan Tinggi merupakan salah satu kekuatan strategis Perguruan Tinggi. Merespon pentingnya Kinerja Perguruan Tinggi dalam Pemeringkatan Perguruan Tinggi ini, Lembaga Penelitian, Publikasi dan pengabdian Masyarakat (LP3M UMY), menyelenggarakan konsiyering untuk merumuskan langkah strategis meningkatkan kinerja penelitian dan pengabdian.

Dr. Gatot Supangkat, MP., Kepala LP3M saat membuka Konsinyering menjelaskan bahwa acara ini melibatkan Para Dekan, Direktur Pascasarjana, Direktur Vokasi, Wakil Dekan Bidang Akademik, Wakil Direktur Bidang Akademik, Wakil Direktur Vokasi, Badan Perencanaan dan Pengembangan UMY, serta Badan Penjamin Mutu UMY. Sinergi antara LP3M dengan fakultas serta direktorat menjadi tumpuan UMY menuju Reputable International University pada Tahun 2020 yang akan datang, dengan mendorong prodi-prodi secara berkesinambungan.

Dalam konsinyering ini, Rektor UMY, Dr. Gunawan Budiyanto, MP., disampingi Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Sukamta, ST.,MT., menegaskan bahwa setiap penerima hibah penelitian dan pengabdian baik eksternal maupun internal, wajib untuk memiliki luaran yang diantaranya dapat berupa publikasi, paten, hak cipta, maupun prototype.  Terlebih dalam pemeringkatan Perguruan Tinggi, luaran penelitian dan pengabdian menjadi salah satu tolok ukur nilai kinerja perguruan tinggi.

Menutup acara konsinyering, Kepala Divisi Penelitian LP3M UMY, Dr. Dyah Mutiarin, M.Si., menjelaskan konsinyering ini menghasilkan Rencana Tindak Lanjut untuk meningkatkan Mutu Penelitian dan Pengabdian, diantaranya : penyusunan Rencana Induk Penelitian sampai dengan tahun 2040, kewajiban dosen meraih hibah Dikti, kewajiban dosen menghasilkan luaran penelitian dan pengabdian, perubahan skema penelitian dan pengabdian internal, serta penyempurnaan system informasi penelitian.