KABAR LP3M
ARSIP January 2017

Bahan Pendampingan Hibah Internal 2017

Sejalan dengan kebijakan Peningkatan Tri Dharma Perguruan Tinggi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta bidang penelitian, Program Penelitian Kemitraan dimaksudkan sebagai kegiatan penelitian dalam rangka membina dan mengarahkan para peneliti pemula untuk meningkatkan kemampuannya dalam melaksanakan penelitian. Selain  itu diharapkan dapat menjadi sarana latihan bagi dosen untuk mempublikasikan hasil penelitiannya dalam jurnal ilmiah baik lokal maupun nasional terakreditasi

Tema kajian  dalam penelitian ini sesuai dengan Mata Kuliah yang diampu atau keahlian  dosen. Penelitian ini diperuntukkan bagi dosen dari yang belum mempunyai jabatan fungsional akademik sampai Lektor dan  bergelar master

Setelah penelitian selesai, para peneliti diwajibkan untuk menyerahkan laporan hasil penelitian, luaran publikasi ilmiah, dan Tugas Akhir bagi mahasiswa yang menjadi anggotanya atau mitra.

Undangan seminarinternal hasil penelitianristekdikti tahun selesai 2017

Minindaklajuti surat dari DRPM Nomor: 4412/E3.2/LT/2017 tertanggal 08 November 2017 sebagaimana pokok surat yang dimaksud, maka dengan ini Lembaga Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian Masyarakat Universitas muhammadiyah Yogyakarta akan melakukan seminar hasil.

PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT (PKM)

Lembaga Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (LP3M UMY) mencoba menerapkan paradigma baru dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bersifat problem solving, komprehensif, bermakna, tuntas dan berkelanjutan (sustainable) dengan sasaran yang tidak tunggal. Hal-hal inilah yang menjadi alasan dikembangkannya program Program Kemitraan Masyarakat (PKM), yang dahulunya merupakan skema Pengabdian Masyarakat Unggulan.

PROGRAM PENGEMBANGAN DESA MITRA (PPDM)

Program Hibah Pengabdian kepada Masyarakat berbasis Pengembangan Desa Mitra merupakan salah satu program pengabdian kepada masyarakat yang dikembangkan oleh LP3M Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Program ini memfasilitasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen/peneliti di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dalam bentuk kegiatan pemberdayaan masyarakat. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sebagai Perguruan Tinggi besar mempunyai potensi dalam bentuk sumber daya manusia untuk ikut berperan dalam pembangunan Desa. Salah satu peran yang dilakukan oleh UMY adalah memfasilitasi program-program pengabdian kepada masyarakat yang dapat memberikan manfaat langsung kepada masyarakat yang diharapkan mampu mendorong kemandirian dan kesejahteraan masyarakat.

Panduan Skema KKN PPM Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Kegiatan Program Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM), merupakan kegiatan lapangan bagi mahasiswa yang menempuh bagian akhir dari program pendidikan S-1. Program ini sebenarnya bersifat wajib bagi semua mahasiswa, karena Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mempercayai bahwa program ini mampu mendorong empati mahasiswa dan dapat memberikan sumbangan bagi penyelesaian persoalan yang ada di masyarakat. Kegiatan KKN menjadi bentuk nyata kontribusi universitas bagi masyarakat, industri, Pemerintah Daerah dan kelompok masyarakat yang ingin mandiri secara ekonomi maupun sosial. Program KKN ini mensyaratkan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan mahasiswa berperan aktif dalam mengetahui permasalahan yang ada, bahkan sebelum mereka terjun selama 1 hingga 2,5 Bulan di tengah-tengah masyarakat. Konsep working with communitytelah menggantikan konsepworking for the community.

Upgrading dan Sertifikasi Dosen Pembimbing Lapangan Kuliah Kerja Nyata Tematik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Dengan Hormat,

Dalam rangka mendorong dan meningkatkan gairah para Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Tematik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta untuk mengelola kegiatan KKN di lapangan, dan selanjutnya menuangkannya dalam bentuk proposal pengabdian kepada masyarakat skema ristekdikti yang terstandar, maka dengan ini LP3M UMY menyelenggarakan kegiatan sarasehan dengan tema: Upgrading dan Sertifikasi Dosen Pembimbing Lapangan Kuliah Kerja Nyata Tematik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta”, pada:

Hari          : Senin – Selasa

Tanggal    : 30 – 31 Januari 2017

Tempat    : Sambi Resort

                 : Jl. Kaliurang Km. 19,2 Pekembinangun Sleman Yogyakarta

PENGISIAN TKT (Tingkat Kesiapan Teknologi) untuk Penerima Hibah Ristek Dikti

Kepada Yth.

Dosen UMY Penerima Hibah Penelitian Ristek-Dikti (DPRM), terkait dengan pengumuman terhadap penerima hibahg untuk pelaksanaan 2017, maka ibu dan bapak yang LOLOS mohon untuk dapat mengisi TKT dengan memasuki laman berikut ini: http://tkt.ristekdikti.go.id Ibu dan bapak dipersilahkan untuk membuat akun dan kemudian log in untuk seterusnya mengisi form yang tersedia. Semua penerima dana riset WAJIB mengisi TKT ini.

Terima kasih.

PENGISIAN TKT (Tingkat Kesiapan Teknologi) untuk Penerima Hibah Ristek Dikti

Kepada Yth.

Dosen UMY Penerima Hibah Penelitian Ristek-Dikti (DPRM), terkait dengan pengumuman terhadap penerima hibahg untuk pelaksanaan 2017, maka ibu dan bapak yang LOLOS mohon untuk dapat mengisi TKT dengan memasuki laman berikut ini: http://tkt.ristekdikti.go.id Ibu dan bapak dipersilahkan untuk membuat akun dan kemudian log in untuk seterusnya mengisi form yang tersedia. Semua penerima dana riset WAJIB mengisi TKT ini.

Terima kasih.

URECOL 2017

Konsorsium LPPM PTM dalam waktu dekat akan menyelenggarakan agenda rutin University Research Colloqium (URECOL) ke 5 yang pada awal tahun ini akan diselenggarakan di Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, pada bulan Februari. Untuk itu kepada dosen UMY yang telah memiliki bahan hasil penelitian untuk dipresentasikan dimohon mendaftarkan diri pada acara tersebut. 

http://urecol.org/

http://urecol.org/wp-content/uploads/2016/11/brosur-urecol1.jpg

Pelaksanaan Seminar Hasil Riset Ristek-Dikti 2016 (Terkahir Februari)

Yth. Ketua LP/LPPM/Dir. Politeknik dan
Ketua Sekolah Tinggi PTN dan PTS
Klaster Mandiri, Utama dan Madya
Seluruh Indonesia


Sehubungan dengan telah berakhirnya pendanaan Pogram Penelitian 2016, dengan ini Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan, Kemenristekdikti memohon kepada Bapak/Ibu Ketua LP/LPPM/Direktur Politeknik dan Ketua Sekolah Tinggi PTN dan PTS klaster Mandiri, Utama dan Madya untuk dapat melaksanakan Seminar Hasil penelitian desentralisasi yang sudah selesai pelaksanaannya. Untuk tertib administrasi pengelolaan penelitian, mohon pelaksanaan seminar hasil yang dimaksud dapat dilaksanakan paling lambat bulan Februari 2017.

Nomor: 026/E3.2/LT/2017    Tanggal: 06 Januari 2017