KABAR LP3M

PENETAPAN PENERIMAN DANA PENELITIAN 2017/2018

PENETAPAN PENERIMA DANA HIBAH PENELITIAN SKEMA KEMITRAAN DOSEN DAN MAHASISWA, UNGGULAN PROGRAM STUDI, DAN MULTI DISIPILIN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2017/2018 

Penerima Dana Program PPM Batch 2 (revisi)

Menetapkan : PENERIMA DANA PROGRAM PENGANDIAN MASYARAKAT (PPM) BATCH 2 PROGRAM PENINGKATAN TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN 2017

Penerima Insentif Penulisan Artikel Ilmiah dan Hibah Penulisan Buku Ajar

Menetapkan : PENERIMA INSENTIF PENULISAN ARTIKEL ILMIAH DAN HIBAH PENULISAN BUKU AJAR PROGRAM PENINGKATAN TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN 2017

MATERI WORKSHOP PENINGKATAN KUALITAS PROPOSAL PENELITIAN PROGRAM ROSET TERAPAN TAHUN 2018, 4 - 5 APRIL 2018

Dalam rangka meningkatkan kemampuan Dosen peneliti, Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, menyelenggarakan kegiatan “ Workshop Peningkatan Kualitas Proposal Penelitian” Program Riset Terapan Tahun 2018 yang akan diselenggarakan pada 4 - 5 April 2018 di Grand Zuri Hotel Yogyakarta.

Penerimaan Hibah PPM Batch 2

Sesuai dengan keputusan rapat lembaga tentang Penerima Pendanaan Pengabdian kepada Masyarakat Khususnya pada Skeman KKN PPM, bersama ini kami sampaikan daftar nama penerima pendanaan Pengabdian Masyarakat Tahun 2018 Program Peningkatan Tri Dharma Perguruan Tinggi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Batch 2 sebagaimana terlampir.

Penerima Pendanaan Penelitian Skema Kemitraan, Unggulan Prodi, dan Multi Disiplin 2018

Sesuai dengan keputusan rapat lembaga tentang Penerima Pendanaan Penelitian pada Skema Kemitraan, Unggulan Program Studi, dan Multi Disiplin, bersama ini kami sampaikan daftar nama penerima pendanaan Penelitian Tahun 2018 Program Peningkatan Tri Dharma Perguruan Tinggi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagaimana terlampir.

Penerima Hibah Internal - Pengajuan Paten / KI Tahun 2017/2018

Sesuai dengan keputusan rapat lembaga tentang Penerima Hibah Internal - Pengajuan Paten Pendanaan Khususnya pada Program Peningkatan Kuantitas Kekayaan Intelektual (KI), bersama ini kami sampaikan daftar nama penerima Hibah Internal - Pengajuan Paten tahun 2017/2018 sebagaimana terlampir.

 

Kami informasikan bahwa penerima Hibah Internal - Pengajuan Paten Program Peningkatan Kuantitas KI Tahun 2017/2018 adalah pengusul yang proposalnya dinyatakan lolos seleksi.

 

Berkenaan dengan hal tersebut, LP3M UMY mengucapkan selamat kepada penerima Hibah Internal - Pengajuan Paten program Peningkatan Kuantitas KI Tahun 2017/2018. LP3M UMY mengucapkan terimakasih kepada pengusul yang telah berpartisipasi. Selanjutnya, kami mohon bantuan Bpk/Ibu Ketua Program Studi untuk menyampaikan informasi di atas kepada penerima Hibah Internal - Pengajuan Paten program Peningkatan Kuantitas KI tahun 2017/2018 di Unit Kerja masing-masing.

Berita Serah terima Barang KKN PPM

Berdasarkan Surat Penugasan Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat Skema KKN PPM bahwa Hasil kegiatan penelitian berupa peralatan atau alat yang dibeli dari kegiatan ini adalah milik universitas muhammadiyah yogyakarta dan penyerahandari pengabdi ke mitra universitas muhammadiyah yogyakarta dinyatakan dengan Berita Acara Serah Terima.

Sehubungan Dengan Hal di atas, kami minta kepada para pengabdi untuk dapat menyerahkan barang tersebut ke mitra dan Membuat berita Acara Serah Terima Barang, Bersama ini kami kirimkan Berita Acara Serah Terima Barang (Terlampir).

 

Penerima Pendanaan Pengabdian Kepada Masyarakat Skema KKN PPM Batch 1 2018

Sesuai dengan keputusan rapat lembaga tentang Penerima Pendanaan Pengabdian kepada Masyarakat Khususnya pada Skeman KKN PPM, bersama ini kami sampaikan daftar nama penerima pendanaan Pengabdian Masyarakat Tahun 2018 Program Peningkatan Tri Dharma Perguruan Tinggi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Batch 1 sebagaimana terlampir.
Kami informasikan bahwa penerima pendanaan program Pengabdian Masyarakat Skema KKN PPM tahun 2018 adalah pengusul yang proposalnya dinyatakan lolos seleksi, dan yang bersangkutan telah memenuhi kewajiban sebagai berikut:
1. Menyelesaikan Laporan Akhir tahun 2016 - 2017;
2. Melaksanakan seluruh tahapan seleksi sebagaimana disebutkan dalam Panduan skema KKN PPM.
3. Seorang dosen hanya dapat menjadi ketua di satu judul Pengabdian kepada Masyarakat;
4. Tidak sedang dalam status tugas belajar, baik untuk ketua maupun anggota;

PANDUAN PROGRAM PENINGKATAN TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI UMY

Salah satu isu dan agenda besar yang menjadi perhatian Perguruan Tinggi di Indonesia saat ini adalah bagaimana meningkatkan produktivitas dan kualitas penelitian dan publikasi sivitas akademika. Saat ini, beberapa Perguruan Tinggi besar di Indonesia telah mencanangkan program untuk menuju apa yang disebut dengan “Research University” atau “World-Class University”. Tentu saja, upaya yang harus dilakukan untuk menuju universitas yang berkelas memerlukan kerja keras, dedikasi, keseriusan serta strategi yang sistematis dan komprehensif, khususnya dalam peningkatan kualitas penelitian dan publikasi dosen serta derivasinya. Tolok ukur sebuah Research University ataupun World-Class University adalah sama, yaitu universitas yang memiliki aktivitas penelitian yang sangat tinggi (very high research activity) yang disertai dengan persebaran hasil penelitian yang memadai, baik melalui penerbitan buku yang berbasis hasil penelitian maupun publikasi penelitian berskala internasional dan produk-produk inovasi. Lebih dari itu, sivitas akademika juga didorong untuk dapat mengimplementasikan hasil-hasil penelitiannya dalam pelbagai skema program pengabdian kepada masyarakat dan sebaliknya (PenelitianPengabdian kepada Masyarakat).
Untuk itu, dalam rangka meningkatkan produktivitas dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dalam penelitian, publikasi dan pengabdian kepada masyarakat, maka Lembaga Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) UMY menawarkan skema-skema hibah penelitian, publikasi dan pengabdian masyarakat melalui Program Tri Dharma Perguruan Tinggi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Program ini diharapkan dapat memfasilitasi dosen dalam melaksanakan kewajiban dalam kegiatan penelitian, publikasi dan pengabdian kepada masyarakat. Diharapkan, program Tri Dharma ini juga dapat mengakselerasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta untuk menjadi universitas yang memiliki reputasi tinggi di tingkat nasional dan internasional di masa yang akan datang sesuai Indikator Kinerja Strategis (IKS) yang telah ditetapkan (Mailstone UMY pada tahun 2020).

Yogyakarta, November 2017
Kepala LP3M UMY


Dr. Ir. Gatot Supangkat S., M.P.