Divisi Pengabdian dan Pelayanan Masyarakat

Profil Divisi Pengabdian Masyarakat

Pengabdian pada masyarakat, idealnya merupakan titik temu antara penelitian, pengabdian dan pendidikan. Pengabdian pada masyarakat merupakan sarana yang tepat untuk menguji dan mensosialisasikan hasil penelitian dosen. Hasil penelitian yang kemudian diabdikan kepada masyarakat, setelah mendapatkan perbaikan seperlunya merupakan materi yang dapat digunakan guna memperkaya khasanah keilmuan dan bahan ajar.

Konsep pengembangan dan pengabdian telah diterjemahkan dalam pelbagai bentuk kebijakan yang berkembang dari waktu ke waktu. Secara umum, PPM UMY selaras dengan visi dan misi UMY sebagai perguruan tinggi Islam yang melakukan pencerahan dan penguatan masyarakat di pelbagai bidang kehidupan. Secara khusus, konsep pengabdian dibagi menjadi dua bagian, yaitu pengabdian yang dilakukan oleh dosen UMY dan pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa UMY.

Lembaga Pengabdian Masyarakat adalah lembaga mandiri yang secara khusus mengelola kegiatan-kegiatan pengabdian dosen dan mahasiswa. Secara kelembagaan kemudian diintegrasikan menjadi bagian dari LP3M (Lembaga Penelitian, Pengabdian dan Pengembangan Pendidikan) sampai tahun 2013. Pada periode 2013-2017 LP3M melakukan perampingan keorganisasian dengan memfokuskan area kerjanya pada tiga hal pokok yaitu: Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian Masyarakat. Proyeksi di bidang penelitian adalah meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitin dosen dengan peningkatan raihan dana penelitian dari pelbagai sumber, baik internal maupun eksternal. Selain itu, kerjasama penelitian dan kegiatan ilmiah dengan perguruan tinggi dari luar negeri, baik dari kawasan Asia, Eropa, Australia dan Amerika mulai digagas dan dikembangkan. Di bidang publikasi, LP3M mendorong diseminasi hasil-hasil penelitian dosen yang berkualitas melalui publikasi dalam berkala ilmiah nasional dan internasional. Dalam bidang pengabdian masyarakat, LP3M berkonsentrasi pada penguatan kerjasama kelembagaan dalam pemberdayaan masyarakat melalui program Desa Mitra di beberapa Kabupaten, dan bersama dengan dengan Biro Kerjasama, melakukan internasionalisasi KKN sebagai hasil dari kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi dari Singapore, Thailand, dan Jepang.

Pada tahun 2020-2021 UMY berada dalam tahapan Reputable International University. Tahap Reputable International University, menjadi tahap pertama dalam Road Map UMY 2015-2040. Adapun Empat tahapan lain dalam yang akan dilalui adalah research excellence university, leading entrepreneurial university, acade-preneurial university dan socio-preneural university untuk masuk dalam Top 300 World Class University. Selanjutnya, lingkungan eksternal yang ditandai dengan makin kuatnya arus Revolusi Industry 4.0, memerlukan respon, networking dan daya adaptasi yang tinggi, Inovasi serta keunggulan spesifik pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Dosen UMY Yogyakarta. Dengan demikian dibutuhkan pengabdian masyarakat yang dapat beradaptasi dengan isu-isu kekinian yang mampu memberi solutif terhadap permasalahan yang terjadi di masyarakat sebagai penerima manfaat program pengabdian masyarakat dosen UMY Yogyakarta.

Selain itu juga LP3M UMY Yogyakarta sebagai bagian penting pelaksana leading sector dalam Pencapaian Road Map UMY 2015 dan pencapaian Indikator Kinerja Strategis (IKS) pengabdian masyarakat tercantum dalam dokumen UMY LEADS memiliki peran dan tanggungjawab penting dalam pencapaian kegiatan pengabdian masyarakat yang unggul, inovatif dan bermanfaat bagi pemecahan permasalahan yang terjadi di masyarakat.

Untuk mencapai Visi, Misi dan Tujuan dan untuk mewujudkan kegiatan pengabdian masyarakat yang unggul, inovatif dan bermanfaat bagi pemecahan permasalahan yang terjadi di masyarakat tersebut diperlukan langkah-langkah strategis dalam pengelolaan pengabdian masyarakat yang sistematis dan berkelanjutan yakni dimulai dari tahapan perencanaan pengabdian, submite proposal pengabdian, review proposal, pelaksanaan pengabdian, monitoring dan evaluasi pengabdian masyarakat. Dalam setiap tahunnya alur pengelolaan pengabdian masyarakat secara sistematis sudah dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan.

Di tengah maraknya tantangan dan dinamika yang terjadi terutama dikarenakan krisis pandemic covid-19 ini kami harus mampu beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi. Selama 4 tahun Divisi Pengabdian Masyarakat dan Pelayanan Masyarakat berprogram, kami selalu belajar dan beradaptasi untuk menghasilkan kinerja pengabdian masyarakat yang lebih berkualitas yang mendukung pemeringkatan UMY serta mencapai rekognisi positif di mata seluruh stakeholder UMY.

Video Evaluasi Keberlanjutan Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna Hasil Pengabdian Masyarakat tahun 2019/2020

Pameran Teknologi Tepat Guna Hasil Pengabdian Masyarakat tahun 2021

Dokumen Divisi Pengabdian dan Pelayanan Masyarakat

Hibah Pengabdian Masyarakat

Timeline Hibah Pengabdian Masyarakat

Kerjasama

Pamong Desa

Publikasi Media Massa

Dokumentasi Kegiatan Divisi Pengabdian dan Pelayanan Masyarakat

Dokumentasi Kegiatan Divisi Pengabdian dan Pelayanan Masyarakat

Berita Terkini

Berita terkini