Kunjungan BPPT Perkuat Tata Kelola Penelitian dan Pengabdian UMY

29 April 2021, oleh: admin-3

Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mendapat kunjungan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) pada Sabtu 29/04/2021. Kunjungan ini merupakan kunjungan balasan terkait dengan inisiasi kunjungan kerjasama yang dilakukan oleh Kepala Divisi Penelitian, Lembaga Penelitian Publikasi dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Dr. Dyah Mutiarin, M.Si. ke kantor Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) pada 08/04/2021. Agenda kunjungan antar instansi ini merupakan langkah tindak lanjut dari rencana kerjasama Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dalam memperkuat tata kelola penelitian dan pengabdian yang merupakan tridharma perguruan tinggi

Pada pertemuan kunjungan dan kerjasama oleh Tsamir Apriansyah, S.EI., M.S. selaku Sub Koordinator Kerjasama Antar Lembaga beserta 3 staf kerjasama disambut oleh wakil rektor bidang kerjasama dan internasional, Prof. Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc., wakil rektor bidang akademik, Prof. Dr. Ir. Sukamta, MT., kepala divisi dari masing-masing divisi yang ada dalam Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) yaitu Divisi Penelitian, Divisi Pengabdian Masyarakat, Divisi Publikasi dan Jurnal, Divisi Pengabdian Mahasiswa, Divisi Penerbitan dan Buku serta Divisi Inovasi dan Produk Unggulan. Selain itu, Lembaga Kerjasama dan dosen-dosen peneliti juga turut hadir dalam diskusi kerjasama tersebut.

Selain penyusunan MOU dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) diskusi tersebut juga mendalami riset-riset yang dilakukan oleh dosen-dosen di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang dapat dielaborasikan dengan bidang-bidang penelitian yang ada di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sehingga riset-riset tersebut nantinya akan dapat menghasilkan manfaat yang lebih baik pada masyarakat.

Kedepannya UMY berharap dapat memperdalam masing-masing tema riset yang telah dibahas dalam pertemuan supaya kerjasama antara Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi dengan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dapat segera dilaksanakan.