Profil

LP3M

Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat

Lembaga Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah unit kerja pendukung kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi UMY yang telah berdiri sejak tahun 1985. Kedudukan LP3M berfungsi sebagai lembaga yang melakukan proses penguatan dan peningkatan tradisi akademik melalui kegiatan penelitian, publikasi, dan pengabdian masyarakat. LP3M juga mendorong seluruh civitas akademika di lingkungan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta untuk dapat mensinergikan, memfokuskan, dan memperkuat penelitian dan pengabdian yang didasarkan pada sebuah tema besar untuk dapat memberikan kontribusi yang lebih terukur bagi masyarakat, bangsa dan negara. Melalui Rencana Induk Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (RIPSPM 2015-2025), LP3M mengusung tema “Membangun Masyarakat Indonesia yang Berkemajuan dan Berbudaya Luhur dengan Visi Pembangunan Berkelanjutan yang Memberdayakan.”

Kami menghaturkan terima kasih kepada para pihak, baik pemerintah maupun swasta, yang telah menjadi mitra strategis LP3M dalam kurun waktu 30 tahun ini. Semoga seluruh proses yang telah dilakukan oleh LP3M bersama mitra strategisnya dan civitas akademika UMY selama ini telah dapat meningkatkan mutu penelitian, kajian dan produk teknologi yang dihasilkan serta diharapkan dapat memberikan makna yang lebih besar secara sosial, ekonomi, dan politik bagi masyarakat Indonesia.

Unggul dalam pengelolaan penelitian, publikasi dan pengabdian masyarakat berlandaskan nilai-nilai Islam

-- Visi LP3M

-- Misi LP3M
  1. Menyelenggarakan penelitian dan  pengabdian pada masyarakat yang berkualitas
  2. Mengelola jurnal ilmiah dan publikasi berkualitas
  3. Mengelola invensi dan HKI berkualitas
  4. Menyelengarakan penerbitan berkualitas
  5. Membangun kerjasama mutualistik yang bermakna dan berkualitas

Pimpinan LP3M

Dr. Ir. Gatot Supangkat, S, M.P., iPM

Kepala Lembaga

Dr. Dyah Mutiarin, SIP., M.Si.

Kepala Divisi Penelitian

Dr. Adhianty Nurjanah, S.Sos., M.Si.

Kepala Divisi Pengabdian dan Pelayanan Masyarakat

Dianita Sugiyo, S.Kep., Ns., MHID.

Kepala Divisi Publikasi dan Jurnal

Dr. M. Heri Zulfiar, S.T., M.T.

Kepala Divisi Inovasi dan Produk Unggulan

Budi Nugroho, S.IP.

Kepala Divisi Penerbitan

Dr. Aris Slamet Widodo, S.P., M.Sc.

Kepala Divisi Pengabdian Mahasiswa:

STRUKTUR ORGANISASI

SEJARAH LP3M

1980

1999

2000

2008

2013

Lp3m dibentuk

Surat Keputusan Rektor UMY No. 035/SK-UMY/XII/1999 telah diangkat pengurus LP3 (dengan numenkaltur baru, yaitu Lembaga Penelitian dan Pengembangan Pendidikan) UMY untuk masa kerja 1999 – 2000

Pada periode 2000- 2008, LP3M berubah menjadi LP3 (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Pendidikan).

Periode berikutnya, LP3 kembali berubah nomenklaturnya menjadi Lembaga Pengembangan Pendidikan, Penelitian, dan Masyarakat (LP3M) dan memantapkan diri untuk mengelola empat bidang garap utama, yakni penelitian, pendidikan, pengabdian pada masyarakat, serta publikasi ilmiah dan penerbitan.

LP3M melakukan perampingan keorganisasian dengan memfokuskan area kerjanya pada empat hal pokok yaitu: Penelitian, Publikasi, Pengabdian Masyarakat dan Inovasi.

Perubahan nomenklatur ini semakin memberi penguatan peran LP3M dalam rangka mencapai visi misi UMY menuju World Class University pada 2040 yad.  Dengan demikian, peran LP3M UMY sangat strategis dalam menghasilkan research excellence yang memiliki high impact dan berkontribusi bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi baik dalam skala nasional maupun internasional. Oleh karena itu LP3M mengemban sasaran strategis universitas dalam bidang penelitian, pengabdian, publikasi dan inovasi. LP3M bertanggungjawab untuk mewujudkan integrasi riset, pengabdian kepada masyarakat dan pengajaran yang mampu menghasilkan inovasi unggulan dan kontribusi keberlanjutan untuk mencapai research excellence university.

4 Strategi utama LP3M

Menguatkan tata kelola penelitian dalam pengembangan dan penerapan iptek secara multi dan interdisiplin dengan mengoptimalkan sumber daya internal, eksternal, kemitraan dalam dan luar negeri untuk mewujudkan keunggulan universitas,.

Menguatkan tanggung jawab sosial institusi dalam peningkatan integritas dan etika kebangsaan, pengembangan daerah terpencil, pengurangan resiko bencana serta pengembangan lingkungan berkelanjutan.

Mengembangkan kontribusi teoritis dan praktis kepada iptek dalam penyelesaian permasalahan bangsa yang berupa publikasi karya ilmiah bereputasi baik nasional maupun internasional.

Mengembangkan keunggulan universitas berbasis keunikan lokal untuk menghasilkan inovasi dan rintisan usaha yang memberikan nilai tambah ekonomi dan sosial.

Koordinasi LP3M

Secara struktural, posisi LP3M berada di bawah koordinasi Wakil Rektor Bidang Akademik. Oleh karena itu, dalam melaksanakan kegiatannya LP3M berkonsultasi dan melaporkan segala hasil kegiatan, baik penelitian, pengabdian/pemberdayaan masyarakat, publikasi, penerbitan dan inovasi, kepada Wakil Rektor Bidang Akademik.

  1. Menyusun kebijakan di bidang penelitian, pengabdian/pemberdayaan masyarakat, publikasi, penerbitan dan inovasi berdasarkan Rencana Strategis UMY.

  2. Mengkoordinasi pelaksanaan kebijakan di bidang penelitian, pengabdian/pemberdayaan masyarakat, publikasi, penerbitan dan inovasi.

  3. Menyusun perencanaan kegiatan di bidang penelitian, pengabdian/pemberdayaan masyarakat, publikasi, penerbitan dan inovasi.

  4. Mengembangkan kegiatan penelitian, pengabdian/pemberdayaan masyarakat, publikasi, penerbitan dan inovasi untuk mewujudkan integrasi riset, pengabdian kepada masyarakat dan pengajaran yang mampu menghasilkan inovasi unggulan dan kontribusi keberlanjutan untuk mencapai research excellence university.

  5. Melakukan koordinasi dengan unit-unit pelaksana dan penunjang kegiatan penelitian, pengabdian/pemberdayaan masyarakat, publikasi, penerbitan dan inovasi dalam rangka pengembangan kegiatan yang bersinergi.

  6. Mengelola, administrasi, data, dan sistem informasi bidang penelitian, pengabdian/pemberdayaan masyarakat, publikasi, penerbitan dan inovasi.

  7. Melaksanakan kerja sama di bidang penelitian, pengabdian/pemberdayaan masyarakat, publikasi, penerbitan dan inovasi.

  8. Memfasilitasi layanan penelitian, pengabdian/pemberdayaan masyarakat, publikasi, penerbitan dan inovasi.